Cara mudah membuat video lirik lagu

Ada banyak sekali video lirik lagu yg bisa kita temukan diinternet. Salah satunya adalah di Youtube. Nah, pasti Anda bertanya-tanya bagaimana mereka bisa membuat video lirik tersebut disertai dengan musik mp3?  Tidak perlu bingung.. sebenarnya caranya cukup mudah kok. Pertama-tama, pastikan Anda sudah meyiapkan apa saja yg perlu disediakan dalam keperluan pembuatan video lirik ini.  
Baca juga : Cara Mengambil Lagu Mp3 nya saja dari Video Youtube
Seperti lagu (mp3), lirik (tinggal copas saja dari internet), dan software editing.  Salah satu software editing yg bakal kita gunakan kali ini adalah Windows Movie Maker versi 6.1. Bagi teman-teman yang belum memiliki software Windows Movie Maker, bisa langsung mendownloadnya DISINI. Jika semua alat tempur sudah disiapkan, So.. let's begin!

1. Memasukkan Lagu


Jalankan aplikasi Windows Movie Maker. Terlebih dahulu masukkan lagu (mp3) yang hendak dijadikan sebagai musik background dengan cara mengklik tombol "import media" (di pojok kiri atas). Lagu yg sudah dipilih tadi nanti akan muncul di bagian "taks import media" seperti yg terlihat pd gambar diatas. 

Setelah itu klik tahan dan drag lagu yg sudah berada di tasks import media tadi ke bagian "storyboard" yg berada dibagian bawah. Maka tampilan storyboard secara otomatis akan berubah menjadi tampilan "Timeline" dan lagu tadi langsung menempati baris "Audio/Music".

2. Memasukkan Lirik

Nah, sekarang saat nya memasukkan teks lirik lagunya. Jadi kita akan membuat lirik itu menjadi slide per slide..

a. Membuat Slide Pertama Lirik


Pertama, klik "titles and credits" pada menu "edit" (disisi sebelah kiri). Setelah muncul tampilan berikutnya pilih "at the beginning". Lalu masukkan teks lirik lagu pada kolom yg disediakan. 
Pada pilihan "more option" teman-teman silakan melakukan modifikasi model huruf  dan   animasi yang di inginkan. Lihat modifikasi huruf dan animasi ideal untuk pembuatan lirik lagu berikut.
Pada change the text font anda color, pilih warna font putih dan background hitam. Pada change the title animation, pilih Basic Tittle.
Kalau sudah, klik "Add Title" lalu slide tadi langsung berada pada baris "video".

b. Membuat Slide Lirik Kedua dan Seterusnya

Tadi kita baru saja membuat satu slide pertama untuk bagian depan dari video lirik.  Nah, sekarang kita membuat slide lagi dengan melakukan hal yg sama untuk teks lirik selanjutnya. Namun Anda cukup dengan copy-paste  slide pertama tadi ke kolom-kolom di storyboard  selanjutnya agar lebih efisien.


Caranya, ubah dulu dari tampilan "timeline" menjadi "storyboard". Kemudian klik kanan lalu copy slide pertama, kemudian pastekan di kolom-kolom storyboard selanjutnya.  Setelah dicopy, tentu saja slide-slide yg berada di kolom 2,3,4 & sterusnya itu akan sama dgn slide pertama.  Jadi yg perlu anda lakukan adalah tinggal mengedit tiap-tiap slide tersebut dgn teks lirik selanjutnya.

Caranya klik kanan pd salah satu slide, lalu pilih edit. Masukkan minimal 2 baris  lirik saja disetiap slide. Lakukan cara yg sama, yaitu mengedit tiap slide yang ada lalu masukkan liriknya hingga seluruh lirik atau teks lagu berhasil disalin semua ke dalam slide. 


3. Menyesuaikan Lirik dan Lagu (Agar Seiring)

Nah, ini merupakan salah satu bagian yang paling penting,  yaitu kita akan menyesuaikan lirik dan lagu. Pertama-tama, teman-teman harus merubah lagi tampilan temline ke storyboard.
Baca juga: Cara Mencari Kunci Gitar Lagu di Internet
Baca juga: Cara membuat ringtone nada panggilan atau sms masuk
Cara mengetahui apakah lagu dan lirik sudah pas atau belum, bisa dengan mengklik tombol "play" (ikon segitiga di sebelah tombol zoom) untuk melakukan perview. Kemudian atur jarak dan pendek slidenya dengan cara mengarahkan kursor pada garis-garis batas slide hingga muncul anak panah merah. Lalu geser hingga sesuai. 

4. Menyimpan ke Dalam Video Utuh

Jika sudah dirasa pas dan semua lirik sudah dimasukkan, langkah terakhir adalah menyimpan video kebentuk video yang utuh agar sudah bisa diputar di pemutar video. Caranya, Anda pergi ke menu "publish to" (disisi sebelah kiri) lalu pilih "this computer".



Beri nama video nya dan tentukan dimana lokasi outputnya. Selanjutnya klik "Next". Terakhir, anda menentukan lagi kualitas convert video. Pilih saja yang "Best quality (recommended)" lalu klik "Publish".  Tunggu beberapa saat hingga video Anda selesai di convert.
Note: semakin tinggi kualitas yang Anda pilih maka akan semakin lama pula proses converting nya.

Jadi tulah tutorial Cara mudah membuat video lirik lagu, mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian yang baru belajar membuat video lirik lagu. Jangan lupa mengunggah hasil video lirik mu ke Youtube lalu aktifkan fitur monetize  agar video mu bisa mendatangkan recehan dolar. Oh iya jika kurang jelas penjelasan diatas, kalian bisa melihat video tutorial nya berikut.
Baca juga: Software belajar edit video bagi pemula


Uuntuk kamu juga yang bertanya-tanya bagaimana saya membuat gambar bergerak seperti tutorial diatas,  saya telah membuat tutorial nya pada Cara mudah membuat gambar bergerak (gif).Terakhir, jangan lupa share and like nya yah! ;) Trims...

Postingan terkait: