Cara Mengatasi Android Bootloop


Bootloop atau gagal booting, kondisi di mana ponsel Anda tidak bisa menuju ke home. Ponsel menunjukkan merk atau logo saja tanpa ada tanda-tanda akan mengarah pada menu home. Demikian akan membuat Anda tidak bisa memainkan ponsel. Ada Cara Mengatasi Android bootloop yang bisa dilakukan agar terbebas dari hp yang cuma menampakkan merk ponsel saja.

Kondisi seperti ini kerap terjadi, dan cara mengatasi yang dilakukan sering mengalami kesalahan. Contoh saja dengan merestrat ponsel berkali-kali. Itu tidak bisa, karena percuma saja. Lakukanlah tips di bawah ini supaya android Anda tidak gagal booting. Kenali juga penyebabnya.

     Melepas baterai
Jika ponsel Anda mengalami gagal booting, melepas baterai lalu memasangnya kembali adalah Cara Mengatasi Android bootloop. Hal seperti ini terjadi tiba-tiba. Saat sedang asyik bermain game, menonton video, atau mengunduh sesuatu, lalu tiba-tiba ponsel restrat sendiri, kemudian ponsel tidak bisa menuju ke menu home. Malah diam menunjukkan logo hp. Itu pasti sungguh mengganggu Anda. Cukup dengan melepas baterai lalu memasangnya kembali. Sangat sederhana, karena penyebabnya sendiri masih tergolong ringan. Jadi bisa diatasi dengan cara sederhana seperti itu.

     Membackup data
Yang Anda butuhkan adalah laptop atau komputer. Karena kondisi ponsel yang mati, membutuhkan bantuan pihak ketiga yakni komputer atau laptop. Bootloop jenis ini bisa terjadi sebab Anda bermain-main dengan fitur yang ada di Android atau tak sengaja mengotak-atik system recovery yang semakin memperburuk keadaan. Jika Anda mengotak-atik dan salah sedikit saja, hp Anda bisa mengalami bootloop. Hal satu ini begitu dilindungi sebab akibatnya yang fatal seperti itu. Jika sudah terlanjur mengalami bootloop, Anda bisa mengatasinya dengan bantuan laptop atau komputer untuk membackup data-data yang ada di hp. Syaratnya agar cara ini bisa berhasil, hp Anda sudah pernah dibackup data ROM. Namun bila belum pernah, Anda bisa mencari informasi lewat Google.

     Menginstal ulang OS Android
Cara mengatasinya dengan menginstal ulang OS Android pada laptop atau komputer dengan aplikasi khusus. Dan ya, lagi-lagi menggunakan laptop. Biasanya ini terjadi oleh sebab Anda melakukan upgrade sistem atau mengcomplie aplikasi yang salah. Bootloop ini yang paling berat kasusnya dari bootloop yang lain. Ponsel Anda nanti akan mengalami macet. Tidak bisa diotak-atik. Bermain ponsel menjadikan Anda layaknya bermain kaca persegi panjang yang cuma bisa digeser-geser tanpa memberikan kesan apa-apa.


Itu lah cara yang dapat Anda lakukan ketika ponsel mengalami bootloop. Jangan panik dahulu jika mengalami hal ini. Ingatlah, setiap masalah, pasti ada jalan. Cara Mengatasi Android bootloop telah dipaparkan di atas. Semoga bermanfaat. 

Postingan terkait: