Perbedaan Layar LCD Dan LED Laptop Yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan Layar LCD Dan LED Laptop Yang Harus Kamu Tahu - Banyak dari kamu yang mungkin tidak mengetahui perbedaan layar Lcd dan Led Laptop. Karena menganggap keduanya sama saja. Padahal dari segi fisik atau tampilan saja Lcd dan Led memiliki perbedaan yang langsung terlihat. Namun memang masih banyak yang tidak mengetahui apakah laptop mereka menggunakan layar Lcd atau layar Led.

Perbedaan Layar LCD Dan LED Laptop
Untuk itu artukel ini akan memberi tahu kamu semua tentang perbedaan layar Lcd dan Led Laptop agar kamu bisa membedakan fungsi serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh kedua layar tersebut.

Layar Lcd

Liquid Crystal Display atau yang lebih kita kenal dengan Lcd, bahan-bahan yang menyusun Lcd merupakan cairan kimia yang apabila disejajarkan dengan aliran listrik maka akan menghasilkan cahaya. Hal ini berbanding lurus dengan arti nama Liquid yang berarti cairan. Umumnya layar Lcd berbentuk lebih tebal. Selain itu Lcd membutuhkan unit inverter sehingga biasanya layar Lcd membutuhkan balinyak daya dan dianggap lebih boros daya baterai. Oleh sebab itu laptop yang masih menggunakan layar Lcd biasanya daya baterainya tidak terlalu tahan lama sehingga hanya tahan sekitar 1-2 jam saja. Layar Lcd mulai digunakan pada 2008 sampai 2009. Nah, jika kamu memiliki laptop yang diproduksi di tahun 2009 ke bawah tentunya layar laptopmu masih menggunakan layar Lcd.

Layar Led

Dengan kelemahan yang dimiliki layar Lcd, pada sekitar tahun 2009 ke atas para produsen laptop mulai beralih ke layar Light Emitting Diode yang disingkat dengan Led. Berbeda dengan Lcd, layar Led terdiri dari komponen-komponen kecil yang dapat memunculkan cahaya. Led memiliki cahaya yang dapat dilihat dan juga cahaya inframerah yang tidak dapat terlihat. Sehingga Led tidak memakan terlalu banyak daya dan laptop yang menggunakan layar Led umumnya memiliki daya baterai yang jauh lebih awet dibanding layar Led.

Sekarang sudah tahu kan, perbandingan layar Lcd dan Led Laptop? Sehingga jika kamu ingin membeli laptop perhatikan tahun pembuatannya ya, agar kamu tahu layar laptop kamu menggunakan layar Lcd atau Led. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait: